Friday 8 September 2017

Lakukan Hal Ini Untuk Menghidari Kejahatan Cyber



Infopedia - Pada zaman yang serba canggih ini banyak sekali keuntungan dan kerugiannya juga banyak dampak positif dan dampak negatif nya.Dengan adanya teknologi canggih yang semakin maju dan berkembang tak jarang juga ada banyak segelintir orang jahat yang memanfaatkan keadaan ini untuk berbuat kejahatan dibidang teknologi (Cyber Crime).Ada banyak sekali penjahat di dunia maya contohnya saja Hacker dan Carder. Kedua orang itu adalah penjahat yang ahli di bidang ini, tapi seorang carder bisa mencuri uang lewat ATM atau kartu kredit seseorang tanpa diketahui oleh pemiliknya, kejahatan ini disebut Carding. Tapi kali ini saya bukan membahas si penjahatnya melainkan saya akan memberikan tips cara menghindari kejahatan cyber (Cyber Crime).

Ok langsung ke pokok permasalahan


1. Hindari Menggunakan Jaringan Wifi Umum

        Hal ini sering dilakukan oleh para grentonger, kaum ini biasanya menggunakan jaringan wifi yang terbuka dan gratis.Hal ini bukan saya peruntukan kepada kaum tersebut tetapi untuk semua orang yang menggunkan jaringan tersebut, Sebaiknya hindari saja,dan jika kalian menggunakan akses wifi sembarangan atau menggunakan jaringan tersebut untuk mengakses perbankan,online shop, dan aktifitas private lainnya sebaiknya di minimalisir untuk menggunkan wifi dan saran saya agar menggunkan kuota data anda sendiri agar terhindar dari kejahatan ini.

2. Segera Lakukan Update OS

       Jika kalian mendapatkan notifikasi untuk mengupdate sistem operasi kalian maka langsung untuk melakukan hal itu, karena disamping kalian memperbaiki bug yang ada di hp/pc kalian dan melakukan patch keamanan kalian juga dapat terhindar dari kejahatan cyber. Hal ini dipercaya dapat mengurangi risiko eksploitasi kerentanan.

3. Mengubah Password Akun dan Menambahkan Verivikasi 2 Langkah

        untuk tips yang selanjutnya kalian harus mengganti password akun kalian dengan password yang lebih rumit atau yang sulit ditebak.Hal ini dapat menyulitkan si hacker untuk membobol suatu sistem maupun melakukan kejahatan yang lain di dunia maya.dan jangan lupa melapisi keamanan akun anda dengan menambahkan verivikasi 2 langkah langkah pertama kalian bisa isi dengan no hp kalian dan yang kedua bisa kalian isi dengan alamat email anda yang aktif.

4. Melakukan Kontrol Akses Terhadap Data

         Jangan lupa untuk menerapkan kebijakan keamanan yang mengontrol akses kepada data sensitif dan membatasi akses jaringan perusahaan ke pengguna, lokasi, perangkat, dan sistem operasi yang sesuai. Kebijakan ini dapat secara otomatis memblokir pengguna tanpa otorisasi yang tepat atau menawarkan saran yang mencakup pengaturan ulang kata sandi dan penegakan autentikasi multi-faktor.


Baca Juga: " Cara Memastikan Situs Anda Aman dari Serangan Hacker ".


Itulah tips yang dapat saya bagi semoga bermanfaat bagi sobat blogger dirumah.

15 comments

wah mantap nih, bisa dicoba tipsnya biar terhindar dari kejahatan cyber.

yang penting antivirus kita harus mengenali virus yang datang dari internet

sip gan, jaga2 dulu klo nanti kena bisa bahaya. tx ya

Yg no 3 sya stju. Yg no 1 serng sya lakukan, tp wifi warkop hehe

Nah, ini nih yang perlu dilakukan. thank gan.

bang yang control akses itu semua harus dikasih kunci akses semua

sngat bermnfaat jadi hati2 di serang cyber

wifi di tempat unmum memang berbahaya, sudah beberapakali kasus terjadi. jadi hati2 aja

harus pinter" kasih firewall untuk device gan, memang terkadang wifi umum rentan sama kejahatan

Wah, ane suka manfaatkan wifi umum, tks infonya gan..

maish nyaman di windows 7 om, ada tips lain selain update os?

Nice gan tips nya sangat membantu nich

Ane mah sering make wifi umum hihi
Kayak wifi.id
bagus nih tipsnya, akun ane selalu ane kasih verifikasi 2 langkah ataupun google authenticator agar aman :D
Nice post gan (y)

keren gan, emang bener nih boleh dicoba


EmoticonEmoticon