Wednesday 23 September 2020

Inilah Tutorial Instalasi Bahasa R di Windows



Pada postingan artikel kali ini saya ingin memberikan pengenalan sedikit tentang Bahasa R dan kita akan belajar bagaimana membuat program sederhana menggunakan bahasa pemrograman ini.Kita harus tahu dulu apa itu bahasa R.R adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika dan grafik. R dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru, dan kini dikembangkan oleh R Development Core Team, di mana Chambers merupakan anggotanya. Nah berdasarkan pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa, Bahasa R digunakan untuk menganalisa data dan grafik.

 Kita sudah berkenalan nih dengan bahasa R, sekarang kita lanjut untuk tutorial instalasi bahasa R di windows.

Windows yang saya gunakan adalah windows 10

Pertama-tama kita download dulu installernya di web resminya 

https://cran.r-project.org/
Setelah itu pilih versi yang kalian inginkan.Saya menggunakan windowws jadi saya pilih yang versi windows.

Setelah terdownload installer nya maka kalian melakukan proses instalasi dengan cara klik 2x pada installernya.


Setelah itu tinggal kita klik "next" saja


lalu pilih target folder untuk menaruh file instalasinya, saya disini menggunakan settingan default saja.



Nah disini untuk setting component nya saya menggunakan 2 versi yaitu 64 dan 32 bit, nah saran saya agar menggunakan versi 64 bit saja dengan menghilangkan checklist dari versi 32 bit. setelah itu klik next.


Setelah itu klik "Yes" karena tadi kita membuat kustomisasi pada proses instalasi tadi dengan menggunakan versi 64 bit saja.

Klik next saja.


Kita disini diberi pilihan apakah kita ingin menampilkan shortcut ke dalam dekstop atau tidak untuk mempermudah mengangses aplikasinya. Kita checklist saja pada "Create a Desktop Shortcut"


Tunggu sampai proses instalasi nya selesai dan aplikasi bahasa R siap digunakan.

Nama : Bagus Suseto Gunawan W
NIM : 201961161
Kelas : D


1 comments so far

Mantap kak <a href="https://coretankode.com>CoretanKode</a> Titip salam yah kak


EmoticonEmoticon