Tuesday 24 April 2018

6 Alasan Kenapa Linux Lebih Disukai Daripada Windows



 Sistem Operasi adalah suatu program perangkat lunak yang mengontrol sejumlah hardware dalam suatu sistem komputer,atau lebih singkatnya adalah suatu program yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak.Tanpa adanya sistem operasi pengguna  tidak dapat menjalankan program aplikasi dan tidak dapat mengoperasikan komputer.

Banyak jenis dari sistem operasi itu sendiri antara lain : Windows,Solaris,Linux,Unix, dan lain sebagainya,tapi kebanyakan orang lebih menyukai sistem operasi yang mudah untuk di gunakan dan tentunya mudah juga untuk difahami bagi orang awam.Contohnya saja sistem operasi "Windows", ya Windows, sistem operasi besutan perusahaan Microsoft ini memang banyak sekali digunakan di kalangan masyarakat, salah satu alasan dari ke populeran windows ini adalah mudah untuk dioperasikan.Tetapi ada sebagian kalangan yang lebih menyukai sistem operasi Linux daripada Windows mengapa demikian? apakah alasannya? Mari kita ulas bersama.




7 Alasan Kenapa Linux Lebih Disukai Daripada Windows




1. LOW SYSTEM REQUIREMENT

          Sistem operasi linux pada dasarnya tidak perlu memperlukan spesifikasi yang dikategorikan sangat berat-berat, hanya memperlukan prosesor sekitar 700Mhz RAM 512MB dan Hardisk sebesar 5-10GB saja jadi lebih cocok untuk digunakan bagi kalian yang mempunyai spek laptop rendah.

2. Linux It's Free
   
         Ini adalah alasan yang paling utama kenapa sistem operasi Linux lebih digemari daripada windows, Linux it's Free. Ya Gratis!!, kalian dapat mengunduh dan menginstall aplikasi gratis tanpa biaya dan kalian juga dapat mengembangkan sebuah distro linux sendiri. 

3. Mudahnya Instalasi

        Kabanyakan orang lebih menyukai linux dengan alasan "Mudahnya Instalasi", Untuk memasang sebuah sistem operasi linux di komputer atau laptop kalian sangatlah mudah dan proses instalasinya pun cepat daripada sistem operasi lain.

4. Lebih Aman Dari Serangan Virus

        Dibandingkan windows yang rentan terhadap virus, Linux adalah sistem operasi yang sangat kebal sekali terhadap berbagai virus,seperti trojan,spyware, dan virus yang baru-baru ini yaitu wannacry.

5. Up to Date

       Linux adalah salah satu sistem operasi yang sangat cepat dalam hal pembaharuan.Sistem operasi linux mempunyai waktu setidaknya 6-8 bulan sekali untuk memperbaharui keamanan dan fitur-fitur yang baru.

6. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

          Salah satu alasan ini saya ambil dari salah satu teman saya seorang programmer, dia lebih menyukai sistem operasi Linux dikarenakan banyaknya bahasa pemrograman yang didukung.Contohnya: Ruby,Perl,C++, C#, dll.Alasan diatas  membuat pekerjaan programmer menjadi lebih mudah. 






EmoticonEmoticon