Friday 15 September 2017

Tutorial Install Arduino IDE di Linux Ubuntu



Infopedia - Sebelum saya memulai tutorial ini saya akan sedikit memperkenalkan apakah itu arduino.Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Perangkat ini memang perkembangan dari mikrokontroller tapi arduino bukan sepenuhnya mikrokontroller. Kali ini saya tidak membahas tentang perangkat arduino ini tetapi kita membahas tutorial menginstall software/aplikasi arduino di sistem operasi linux. Tanpa banyak basa-basi lagi langsung ke pokok permasalahan.


Disini saya menggunkan linux Xenta OS, Distro ini memang perkembangan dari linux Ubuntu 16.04.


1. Pertama-tama kalian siapkan dulu software arduinonya, kalian bisa download software nya di situs resmi milik Arduino di alamat: arduino.cc .


2. Jika sudah extrack file arduino yang sudah kita download tadi.




3. Jika kalian sudah meng-extrack file dari aplikasi arduino sekarang kalian masuk ke dalam direktori arduino dengan mengetikkan perintah dibawah ini.Karena saya sudah mendownloadnya tadi jadi letak dari file arduino tadi berada di folder Download/Unduhan.


cd Unduhan && arduino-1.8.4





disini saya menggunkan versi 1.8.4 jika kalian mendownload yang versi terbaru tinggal mengganti command diatas dari 1.8.4 menjadi versi yang kalian download.

4.  Setelah kalian masuk ke dalam direktori dari aplikasi arduino kalian tinggal mengeksekusi file install.sh dengan cara mengetikkan perntah di bawah ini.


chmod +x install.sh && ./install.sh 



disini file install.sh berwarna hijau jadi bisa langsung kita eksekusi

Kenapa Kok di chmod ya mas?

Pertanyaan yang sangatt bagus sekali, jadi gini mas jika file install.sh tersebut masih berwarna merah ataupun berwarna hitam maka mas belum mendapatkan hak akses untuk mengeksekusi file tersebut jadi harus di chmod dulu biar bisa di jalankan.


5. Tunggu beberapa detik sampai program tersebut terinstall.



7. Selesai Aplikasi Arduino kalian sudah terinstall di linux kalian masing-masing.Mudah bukan?



Sekian tutorian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi sobat blogger dirumah.

7 comments

arduino itu untuk linux aja atau ada untuk versi windows nya?

klo untuk versi windows juga ada , tingall aja download di website resmi arduino-nya

sediakan link downloadnya juga dong?

bang dacky bisa download software nya di website arduino di arduino.cc nanti abang bisa dapet software yang update dan versi terbaru

wah saya pengguna windows nih, nyimak saja ya gan, semoga membantu

Thank gan dah bagi ifonya bisa dijadikan referensi nih.

Akhirnya ketemu juga thanks gan ane lagi nyari artikel ini kebetulan


EmoticonEmoticon