Monday 18 September 2017

Mengenal Samuel Johnson Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini



Infopedia - Memang pada hari ini Senin, 18 September 2017 ada yang berbeda dari halaman index search engine Google.Pasalnya halaman tersebut terdapat gambar sebuah kamus yang berhiaskan foto Samuel Johnson.Kalian pasti penasaran siapakah Samuel Johnson itu? dan kenapa ia menjadi Google Doodle pada hari ini? Mari kita ulas bersama-sama.


Samuel Johnson lahir pada tanggal 18 September tahun 1709. Ia sering disapa Dr.Jhonson, beliau adalah seorang sastrawan dan penulis inggris yang dikenal sebagai tokoh satra yang berkontribusi besar dalam kesusastraan inggris,terutama menjadi penyair,kritikus sastra,editor, dan biografer.Johnson digambarkan sebagai tokoh yang berpengaruh dalam sejarah kesusastraan inggris.Karyanya juga dianggap karya tunggal seni biografi yang paling terkenal dalam sejarah sastra.

Samuel Johnson lahir di kota Lichfield,Staffordshire.beliau menempuh pendidikan tinggi di Pembroke College Oxford selama kurun waktu 1 tahun.Akibat kekurangan biaya membuat Johnson terpaksa menggalkan bangku pendidikannya.Setelah beliau bekerja menjadi guru lalu beliau memutuskan untuk pindah ke London Inggris dan memulai menulis esaai di majalah The Gentelman. Karya-karya di awal karir Johnson diantaranya The Life of Richard Savage, puisi yang berjudul London dan drama yang berjudul Irene.

Setelah sembilan tahun berkarya,Samuel Johnson menerbitkan karyanya yang berjudul A Dictionary of the English Language yang diterbitkan pada tahun 1755. Karyanya ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa inggris modern dan digambarkan dengan Karya Terbesar yang Pernah diterbitkan.Karyanya ini membuat Samuel Johnson mendulang kesuksesan dan popularitas yang besar pasalnya, karyanya ini juga dianggap sebagai kamus bahasa inggris yang paling unggul sebelum diterbitkannya Oxford English Dictionary 150 Tahun Kemudian.

Menjelang akhir hayatnya Samuel Johnson menghasilkan karya besar dan berpengaruh yaitu,  Lives of the Most Eminent Englist Poets. Sebuah koleksi biografi penyair-penyair pada abad ke 17 dan 18.Setelah beberapa penyakit yang dideritanya,Samuel Johnson tutup usia pada tanggal 13 Desember 1784 diusianya yang 75 tahun, beliau dimakamkan di Westminster Abbey. Setelah beberapa tahun kematiannya Johnson, beliau diakui sebagai tokoh yang berpengaruh di inggris khususnya di bidang sastra dan bahkan diakui sebagai kritikus yang memiliki pengaruh besar di inggris.

11 comments

Ternyata samuel johnson to yang di foto, pantesan ampe di buat foto google , tokoh sastra tentunya sangat berpengaruh bagi kehidupan serta kemajuan bangsa

betul gan dia sangat berpengaruh sekali di inggris khususnya dibidang sastra

Nah, ini nih yang gue juga penasaran siapa sih. thank gan.

Nah Ini yang gw cari Gan, thanks

sayangnya bukan seorang muslim ya, seharusnya google juga membuat doodle seorang tokoh ilmuwan muslim, seperti ibnu sina, ar razi dll, beliau juga turut andil demi kemajuan dunia

banyak sekali karya yang ditinggalkan, semoga hasil karyanya bisa bermanfaat

Tetapi tetaplah cintai karya sastra milik bangsa sendiri

Thanks ya informasi nya, menambah wawasan

Sering ada di meme nih orang, ternyata orang penting g haha


EmoticonEmoticon